Jumat, 02 Januari 2009

Bahasa Inggris untuk anak usia dini

Pengajaran bahasa inggris pada anak usia dini

A. Pengertian Bahasa
Politik Bahasa Nasional menjelaskan bahwa Bahasa Inggris berkedudukan sebagai Bahasa Asing pertama di Indonesia. Di dalam kedudukan demikian, Bahasa Inggris ini tidak bersaing dengan bahasa Indonesia baik sebagai Bahasa Nasional maupun sebagai Bahasa Negara, serta dengan Bahasa Daerah baik sebagai lambang nilai sosial budaya maupun sebagai alat penghubung antar daerah.
Politik Bahasa Nasional memberikan dasar pegangan dan pengarahan sedemikian rupa sehingga pemanfaatan Bahasa Inggris tidak mengakibatkan pemakaian unsur-unsur Bahasa Asing secara berlebihan di dalam Bahasa Indonesia. Pengajaran dan pengembangan Bahasa Inggris erat hubungannya dengan fungsi Bahasa sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 096 12 Desember 1976 (Kartono 1976: 121) menyatakan bahwa :
Pengajaran Bahasa Inggris di sekolah-sekolah bertujuan memungkin anak didik memiliki penguasaan pemakaian Bahasa dengan baik dan benar sehingga anak dapat :
1. Memanfaatkan buku dan bahan kepustakaan lainnya yang sebahagian besar tertulis di dalam Bahasa Inggris.
2. Memahami pelajaran yang diberikan oleh pengajar asing.
3. Mampu berkomunikasi secara lisan dengan orang asing.
Ibnu Jinni dalam buku ?Membimbing Anak Terampil Berbahasa?, Syakir Azhim, 2002: 3 mengatakan bahwa :
Bahasa adalah suara yang digunakan oleh setiap bangsa untuk mengungkapkan maksudnya. Jadi bahasa merupakan ungkapan suara yang dihasilkan oleh gerakan alat dan ditangkap oleh telinga. Fase-fase perkembangan bahasa dimulai dari jeritan, teriakan kemudian ocehan yang sistematis melalui peniruan dan pengajaran.
B. Fungsi Bahasa Inggris
Perkembangan politik kebahasaan bahkan selalu diarahkan untuk lebih memperkukuh Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang sangat diperlukan untuk penyatuan dan kesatuan bangsa. Setelah Bahasa Indonesia berfungsi dengan baik, muncullah keputusan mendikbud pada bulan Januari 1998 yang mengizinkan Bahasa Inggris dipakai sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan.
Adapun fungsi resmi dari Bahasa Inggris itu sendiri adalah sebagai berikut :
1. Sebagai masyarakat dunia, Indonesia memerlukan pemakaian bahasa asing terutama Bahasa Inggris yang berguna untuk penghubung antar bangsa.
2. Alat pembantu pengembangan Bahasa Indonesia menjadi bahasa modern.
3. Alat pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk pembangunan nasional.
4. Bahasa Inggris yang dipakai sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi modern dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber untuk kepentingan pengembangan bahasa nasional Indonesia terutama di dalam pengembangan tata istilah. (Halim 1976: 146)
C. Dampak Dari Bahasa Inggris
Sebagai akibat dari adanya hubungan dengan dunia luar, masyarakat Indonesia telah mengenal suatu bahasa asing terutama bahasa Inggris. Masuknya bahasa Inggris ke Indonesia sudah terjadi sejak dulu kala. Dari hubungan ini bahasa Inggris mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi bangsa Indonesia.
Menurut pendapat Juwono Sudarsono dalam ?Bahasa Indonesia Era Globalisasi? (2000: 18):
1. Dampak Positif
Dampak positif dari bahasa Inggris di Indonesia adalah bertambahnya kosakata bahasa melalui penyerapan bahasa Inggris yang memang diperlukan, karena kosa kata ini belum ada dalam bahasa Indonesia. Dampak positif ini merupakan dampak yang baik bagi anak karena seorang pendidik telah berhasil mendidik anak mempeunyai tingkah laku yang baik.

Dampak yang baik antara lain:
- Anak merasa senang bergaul dengan lingkungan sekitarnya
- Anak akan mampu membedakan mana yang baik dan yang buruk
- Anak akan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya
2. Dampak Negatif
Daampak negatif yang terjadi terutama dalam dasawarsa pada saat ini, adalah sikap masyarakat yang merasa bangga dengan menggunakan bahasa Inggris secara sepotong-sepotong dalam berkomunikasi dengan lawan bicaranya.
Dari dampak negatif bahasa Inggris tersebuut bukan berarti kita tidak boleh menggunakan atau memakainya daaalam kehidupan tetapi, kuasailah bahasa Inggris itu secara sempurna dan pakailah pada kesempatan yang tepat.
Dari dampak-dampak di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pemakaian bahasa Inggris di Indonesia masih pelu ditingkatkan agar bangsa Indonesia dapat memasuki pergaulan dunia. Walau masih sedikit bangsa Indonesia yang mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar namun mata pelajaran bahasa Inggris tetap diajarkan lembaga-lembaga sekolah yang wajib ditempuh oleh anak didik.

Siaksoft Network

2 komentar:

  1. miss sovie aku sudah blog nya loh...miss sovie buka blog ku sama mas bagus juga dong di www.persadakidz.blogspot.com -dhanang 1C & bagus 3A-

    BalasHapus
  2. ms sovie ke klik ke alamat ku dari sini juga bisa koq...-bagus 3A & dhanang 1C-

    BalasHapus